Logo Bloomberg Technoz

Luhut Mau Sulap Jelantah Jadi Avtur, Aturan Terbit September

Dovana Hasiana
30 May 2024 13:55

Minyak kelapa sawit mentah./Bloomberg
Minyak kelapa sawit mentah./Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan bahwa dasar hukum mengenai pengembangan industri sustainable aviation fuel (SAF) di Indonesia bisa diluncurkan pada September 2024.

Adapun, pernyataan itu dilontarkan usai Luhut memimpin rapat Rancangan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Industri SAF di Indonesia pada Rabu (29/5/2024).

“Saya menargetkan setelah keluarnya Peraturan Presiden, SAF dapat kita launching payung hukumnya selambatnya pada Bali International Air Show pada September mendatang,” ujar Luhut melalui unggahan di akun Instagram resminya, dikutip Kamis (30/5/2024). 

Dalam kaitan itu, Luhut mengatakan, pengembangan avtur rendah emisi atau ramah lingkungan belakangan sudah dilakukan oleh negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. 

Menparekraf, Sandiaga Uno & Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dalam rangkaian acara World Water Forum di bali. (Bloomberg Technoz/Raden Nurhadi)

Hal itu dilakukan melalui pengembangan minyak jelantah atau used cooking oil menjadi bahan bakar untuk industri penerbangan.