Logo Bloomberg Technoz

Lepas 7 Barang Impor, Gimana Nasib Barang yang Masih Tertahan?

Sultan Ibnu Affan
18 May 2024 14:00

Ilustrasi ekspor (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan pemerintah akan menyelesaikan pembebasan kontainer yang masih tertahan, sesuai bunyi putusan revisi peraturan Kebijakan dan Pengaturan Impor atau barang impor.

Airlangga meminta untuk stakeholder terkait untuk segera mengeluarkan barang tersebut hingga rampung. "Jadi supaya semua kerja 24 jam mengeluarkan barang, 17.000 sampai barang ini selesai. Jadi walaupun ini hari Minggu, walaupun nanti ada libur, arahan Bapak Presiden [Joko Widodo] barang ini supaya segera dapat dikeluarkan," jelas dia di Jakarta, Sabtu (18/5/2024).

Hari ini, Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengunjungi pusat penampungan barang di Jakarta International Container Trading (JITC). Kunjungan tersebut diadakan bersamaan dengan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024, yang memberikan relaksasi terhadap tujuh komoditas barang impor.

“Dengan demikian, hari ini ada delapan perusahaan yang kontainernya akan dilepas,” ujar Airlangga dalam konferensi pers.

Beleid itu merupakan revisi dari Permendag nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, yang menyebabkan sekitar 26 ribu kontainer tertahan di Pelabuhan. Komoditas yang dibebaskan dari aturan impor ketat sebelumnya adalah besi dan baja, tekstil, kipas, lampu, tas, hingga kabel fiber optik.