Logo Bloomberg Technoz

Kumpul di Istana, Menteri Jokowi Bahas Revisi Aturan Barang Impor

Azura Yumna Ramadani Purnama
17 May 2024 16:09

Wishnutama hadir di rapat terbatas Kebijakan Pengaturan Perniagaan Elektronik. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Wishnutama hadir di rapat terbatas Kebijakan Pengaturan Perniagaan Elektronik. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkap terdapat pertemuan yang dilakukan oleh beberapa menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jumat (17/5/2024), untuk membahas revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

“Rapat internal, [membahas] revisi Permendag [nomor 36 tahun 2023],” kata Airlangga di kantornya saat ditemui awak media sesaat sebelum berangkat ke Istana Negara, Jumat (17/5/2024).

Terkait hal itu, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan bahwa Airlangga akan meminta keputusan kepada Jokowi terkait revisi dari aturan tersebut. Ia mengungkap, hasil dari revisi itu diharapkan bisa dikeluarkan pada pekan depan.

“Pak Menko kesana-kan minta keputusan dan kita sudah siapkan, sangat siap. Tinggal Pak Presiden putus ketok, kita langsung jalankan. InsyaAllah hari Senin sudah aturan baru semuanya,” kata Susi saat ditemui di kantornya, Jumat (17/5/2024).

Ia membeberkan bahwa revisi terakhir dari Permendag 36/2023 akan merelaksasi pengetatan beberapa komoditas yang sebelumnya dikategorikan menjadi barang dengan larangan terbatas.