Logo Bloomberg Technoz

Ekonom: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 Diperkirakan Melambat

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 May 2024 18:50

Ilustrasi ekonomi kota-kota besar di Indonesia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi kota-kota besar di Indonesia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memprediksi pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II dan III di tahun 2024 akan penuh tantangan sebab momentum yang mengerek ekonomi RI telah terlewati pada awal tahun, yakni Pemilu dan Ramadan.

Ia menjelaskan pihaknya belum melakukan perhitungan konkret angka pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2024. Namun, ia mengatakan besaran pertumbuhan pada kuartal tersebut akan di bawah kinerja ekonomi kuartal I-2024.

Sebab, faktor-faktor pengungkit ekonomi musiman seperti Ramadan dan Pemilu telah dilalui pada awal tahun.

“Seperti dampak pemilu itu terefleksi benar pada pertumbuhan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) yang lebih tinggi dari konsumsi rumah tangga [yang berada] di bawah 5%,” kata Andry dalam acara ADB Economic Outlook 2024, Kamis (16/5/2024).

Lebih lanjut, ia menyebut kinerja ekonomi RI pada kuartal II-2024 akan penuh tantangan. Sebab beberapa momentum yang diekspektasikan terjadi pada kuartal tersebut tidak memiliki daya ungkit yang tinggi, seperti pengeluaran pendidikan yang akan dilakukan oleh masyarakat dan panen raya.