Logo Bloomberg Technoz

Kemenag Tegur Garuda, Pesawat Jemaah Haji Keluar Api di Udara

Angga Indrawan
16 May 2024 11:20

Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut telah menyampaikan teguran keras buntut pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah calon haji mengalami kerusakan mesin di Makassar.

“Kita telah memberikan teguran keras kepada Garuda Indonesia,” ujar Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie dalam keterangannya, Rabu (15/5/2024).

Pesawat Garuda dengan kode GIA 1105 membawa 450 jemaah calon haji asal Gowa, kemarin. Pesawat ini terbang pada sekitar pukul 15.30 WITA dan mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 17.15 WITA. Sebelum mendarat, pesawat harus berputar untuk mengurangi bahan bakar.

"Garuda Indonesia sudah menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa ini kepada jemaah dan Kementerian Agama. Kami menghargai permintaan maaf yang disampaikan. Kita minta kejadian seperti ini tidak terulang,” kata Anna menegaskan.

Kemenag, jelas Anna, telah menggelar rapat koordinasi untuk memberikan respons cepat atas masalah penerbangan di Makassar dan dampak yang ditimbulkan.