Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Pesawat Garuda Keluar Api Saat Angkut Jemaah Haji

Pramesti Regita Cindy
16 May 2024 10:30

Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penerbangan jemaah haji GA-1105 kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa melakukan pendaratan kembali atau return to base (RTB) akibat munculnya api di mesin pesawat, Rabu (15/5/2024). Penerbangan ini dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan nomor Boeing B747-400.

"Keputusan RTB tersebut diambil oleh pilot in command [PIC], segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala mesin pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (16/5/2024).

Atas kondisi ini, mesin pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagain dari upaya Garuda Indonesia memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi.

"Kami informasikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 waktu setempat, dan hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang telah diarahkan kembali ke asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," jelasnya.

Sebelumnnya, GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT.