Logo Bloomberg Technoz

Ikuti Jejak ByteDance, Para Kreator Gugat Larangan TikTok di AS

News
15 May 2024 17:50

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Sabrina Willmer - Bloomberg News

Bloomberg, Sekelompok kreator TikTok mengikuti jejak perusahaan tersebut dan mengajukan gugatan hukum mereka sendiri untuk memblokir undang-undang AS yang akan memaksa ByteDance Ltd, induk perusahaan asal China, untuk melepaskan kepemilikan terhadap TikTok.

Seperti kasus yang diajukan TikTok pada 7 Mei, delapan kreator di balik gugatan tersebut pada Selasa (14/5/2024) menantang ultimatum AS yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah keamanan nasional, terkait adanya kekhawatiran Pemerintah China dapat mengakses data pengguna atau memengaruhi konten yang dilihat di platform tersebut.

Para kreator tersebut termasuk seorang peternak dari Texas, pelatih sepak bola kampus di Dakota Utara, pendiri lini perawatan kulit di Atlanta, dan pecinta buku asal Maryland yang mempromosikan penulis kulit hitam di TikTok.

"Klien kami mengandalkan TikTok untuk mengekspresikan diri, belajar, dan menemukan komunitas," kata Ambika Kumar, pengacara para kreator tersebut, dalam sebuah pernyataan. "Mereka berharap untuk tidak hanya membela hak Amandemen Pertama mereka, tetapi juga hak sekitar 170 juta warga Amerika lainnya yang juga menggunakan TikTok. Larangan tersebut adalah serangan berbahaya terhadap kebebasan berbicara yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar negara ini."