Logo Bloomberg Technoz

Bikin Koalisi Gemuk, Prabowo Minta Oposisi Jangan Ganggu

Redaksi
10 May 2024 10:45

Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto kembali menegaskan keputusannya untuk membentuk koalisi gemuk dalam pemerintahan mendatang bersama Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Dia pun melontarkan kritik kepada elit partai politik atau kelompok yang tetap memilih menjadi oposisi.

"Indonesia tidak bisa dibendung. Kecuali elite Indonesia tidak bisa atau tidak mau kerja sama. Kuncinya itu," kata Prabowo di Rakornas PAN, Kamis Malam (9/5/2024).

Dia mengklaim akan berupaya menjalin komunikasi dan menggandeng semua kelompok. Hal ini merujuk pada rencananya berkomunikasi dengan partai politik pengusung calon nomor urut 01 dan 03 pada Pemilu 2024.

Hingga saat ini, Prabowo hanya belum berkomunikasi langsung dengan PKS dari Koalisi Perubahan. Selain itu, belum ada juga komunikasi dengan seluruh koalisi paslon 03 yaitu PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

Meski demikian, petinggi Partai Gerindra menyebut pertemuan Prabowo dan PKS hanya tinggal masalah teknis. Keduanya memiliki kedekatan karena menjadi koalisi pada Pemilu 2014 dan 2019.