Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Sidak Jastip di Soetta: Banyak yang Menghindari Pajak

Pramesti Regita Cindy
06 May 2024 15:45

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tiba di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tiba di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Tangerang – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau langsung arus barang kiriman pekerja migran Indonesia (PMI) dan barang bawaan penumpang maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten hari ini.

Hal tersebut dilakukan menyusul diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan No. 7/2024  tentang Perubahan Kedua atas Permendag No. 36/2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, yang tengah ramai diperbincangkan.

“Pascarevisi [permendag soal impor tersebut], memang enggak ada persoalan lagi. Tadi yang landing kebanyakan dari Hong Kong, Taiwan, dan Dubai. Dari negara-negara yang memang masuk dan keluar tenaga kerja Indonesianya itu terdidik dan terlatih. Tidak ada masalah sama sekali,” ujarnya ditemui di Bandara Soetta, Senin (6/5/2024).

Dia pun mengatakan dengan diterbitkannya Permendag No. 7/2024, segala hal yang menyangkut barang kiriman PMI dan barang bawaan penumpang dari luar negeri ke wilayah Indonesia dapat diselesaikan. 

Penumpang menunggu bagasi di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)


Bagaimanapun, Zulhas —sapaan akrab Zulkifli — menilai pengawasan terhadap barang bawaan, yang diduga merupakan permintaan dari jasa titipan (jastip) atau barang yang dibawa dari luar negeri untuk dijual lagi di dalam negeri, perlu diperketat.