Logo Bloomberg Technoz

Isu Bakal Tangkap Netanyahu, ICC Peringatkan Stop Intimidasi Staf

News
04 May 2024 09:30

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Cagan Koc - Bloomberg News

Bloomberg, Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) memerintahkan penghentian upaya ancaman terhadap para pejabatnya. Hal tersebut dikatakan beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menyampaikan kekhawatiran bahwa pengadilan tersebut mungkin mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk para pejabat Israel.

"Kantor kejaksaan bersikeras bahwa semua upaya untuk menghalangi, mengintimidasi, atau memengaruhi para petugas secara tidak patut harus segera dihentikan," kata ICC melalui unggahan di X pada hari Jumat (03/05/2024).

Pengadilan tidak menyebutkan siapa yang mencoba mengganggu penyelidikannya dan menolak berkomentar lebih lanjut. Namun pernyataan itu muncul setelah Bloomberg melaporkan kekhawatiran di Washington bahwa ICC sedang mempertimbangkan surat perintah penangkapan untuk pejabat senior Israel dan kepemimpinan Hamas atas tindakan kedua pihak dalam perang di Gaza.

"Kami sudah sangat jelas mengenai penyelidikan ICC," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada Senin menanggapi pertanyaan tentang potensi surat perintah penangkapan untuk warga Israel. "Kami tidak mendukungnya. Kami tidak percaya mereka memiliki yurisdiksi."