Logo Bloomberg Technoz

Box Mainan Milik YouTuber Rusak, Bea Cukai: Tanggung Jawab DHL

Mis Fransiska Dewi
29 April 2024 17:50

Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )
Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan merespons keluhan YouTuber Medy Renaldy yang mengaku barang kiriman dari luar negeri berupa mainan Megatron miliknya diterima dalam kondisi beberapa kerusakan. 

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani mengungkapkan, terkait permasalahan kotak rusak pada barang-barang impor, konsumen dapat langsung menghubungi pihak perusahaan jasa titipan (PJT), dalam hal ini DHL Express Indonesia untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. 

Ditjen Bea dan Cukai, kata Askolani, tidak memiliki kewenangan untuk membuka atau menutup paket tersebut. 

"Itu adalah tanggung jawab daripada PJT [DHL Express], mereka menugaskan petugasnya untuk membuka barang-barang itu langsung, bukan dibuka oleh Bea Cukai," ujar Askolani di DHL Express Service Point, Tangerang, Banten, Senin (29/4/2024).

Askolani menegaskan, pemeriksaan isi barang kiriman dari luar negeri lewat PJT sudah dilakukan sesuai standar operasional (SOP) yang berlaku di seluruh wilayah kerja Bea Cukai. Termasuk untuk seluruh pengecekan barang kiriman pekerja migran di Pelabuhan Tanjung Emas dan Tanjung Perak yang sempat viral.