Logo Bloomberg Technoz

Sriwijaya Air memulai penerbangan pertamanya di 20232 dengan rute Jakarta ke Pangkal Pinang, Jakarta ke Palembang, Jakarta ke Jambi, dan Jakarta ke Pontianak. Saat ini Sriwijaya Air Group memiliki 48 pesawat Boeing dengan total 53 rute. 

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, tetapi Hendry belum ditahan. Hendry tidak bisa hadir karena berkaitan dengan kondisi kesehatannya. 

"Akan dilakukan pemanggilan sebagai tersangka," ujar Kuntadi menegaskan.

Selain dua nama di atas, Kejagung juga menetapkan tersangka terhadap tiga penyelenggara negara yaitu SW (Suranto Wibowo) selaku Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2015 sampai Maret 2019, BN selaku Plt Kadis ESDM pada Maret 2019, dan AS (Amir Syahbana) selaku Plt Kadis ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kini menjadi Kadis ESDM Provinsi Bangka Belitung.

Ketiganya diduga dengan sengaja menerbitkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) lima perusahaan smelter yakni PT Refined Bangka Tin (RBT) hingga CV Venus Inti Perkasa (VIP). Semestinya, kata Kuntadi, penerbitan RKAB tersebut tidak memenuhi syarat yang berlaku untuk melakukan kegiatan penambangan. 

Ketiga tersangka ini menerbitkan RKAB untuk melegalkan aktivitas perdagangan timah diperoleh secara ilegal di IUP PT Timah. Akibat perbuatannya, kelima tersangka melanggar ketentuan Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 UU Jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke -1 KUHP.

(prc/ain)

No more pages