Logo Bloomberg Technoz

Namun, bukan itu yang terjadi. Baterai mobil listrik terlalu berharga untuk dibuang, dan industri pendaur ulang baru sedang sibuk mengambil seluruhnya.

Walau masih dalam tahap awal, daur ulang kendaraan listrik sudah menguntungkan dan mampu memulihkan lebih dari 95% mineral utama.

Sebuah analisis baru oleh para peneliti Universitas Stanford, yang masih dalam tinjauan, menemukan bahwa proses daur ulang Redwood Materials menghasilkan emisi hingga 80% lebih sedikit daripada rantai pasokan tradisional, yang menggunakan kilang penyulingan CO2. 

Hal itu cukup untuk mempersingkat waktu impas lingkungan rata-rata EV dengan kendaraan BBM menjadi kurang dari 15.000 mil. Setiap mil setelahnya adalah kemenangan karbon melawan mesin internal combustion engine.

Listrik Bersih Penting

Penilaian sepenuhnya kapan EV mencapai titik impas tergantung pada sumber listrik yang digunakan untuk pembuatan baterai dan pengisian daya kendaraan.

Listrik yang lebih bersih berarti waktu pengembalian modal lebih pendek, tetapi bahkan di daerah yang masih mendapatkan listrik dari batu bara, EV pada akhirnya menjadi pemenang.

Permintaan besar energi terbarukan akan membuat EV semakin mengurangi polusi. Instalasi tenaga surya telah mencetak rekor tahunan di seluruh dunia selama 22 tahun berturut-turut, dan laju itu tampaknya semakin cepat, menurut data dari Badan Energi Internasional.

Pada tahun 2030, ketika jaringan listrik di Amerika Serikat diperkirakan akan mendapatkan dua pertiga daya dari sumber bebas karbon, sebuah mobil listrik yang dibangun dengan bahan daur ulang dapat mencapai titik impas emisi dalam hitungan bulan.

Laporan Stanford menemukan bahwa mendaur ulang baterai menggunakan energi 79% lebih sedikit dan menghasilkan emisi CO2 55% lebih sedikit, dibandingkan dengan penyulingan tradisional.

Penghematan tambahan berasal dari terjaganya rantai pasokan daur ulang tetap lokal dibandingkan dengan proses pemurnian yang mengelilingi dunia untuk mineral baru diekstraksi. Mengakhiri lingkaran ini menghasilkan penghematan total CO2 hingga 80%.

Proses daur ulang Redwood untuk baterai mobil listrik per kg.

Manfaat daur ulang baru saja mulai dirasakan, menurut Will Tarpeh, asisten profesor teknik kimia dan salah satu penulis senior makalah Stanford, karena mobil listrik masih baru, dan hanya sedikit yang siap untuk didaur ulang.

Namun, dunia sudah berada di jalur yang tepat untuk mendaur ulang pasokan baterai lithium-ion dua kali lebih banyak pada tahun 2024, dibandingkan dengan yang diproduksi 10 tahun lalu.

Saat mempertimbangkan dampak lingkungan dari sebuah EV, semakin penting mengukur jejak bahan yang masuk dan bagaimana bahan tersebut menyusut ketika beberapa di antaranya pasti mendapatkan kehidupan kedua.

Foil Tembaga.

Seiring dengan berkembangnya daur ulang untuk menyaingi operasi penambangan dan pemurnian tradisional, kesederhanaan akan menjadi semakin penting dalam desain baterai, kata Tarpeh. 

“Daur ulang hanyalah mengejar ketertinggalan dari baterai yang telah kami buat,” kata Tarpeh. “Tidak banyak orang yang melihat kemampuan daur ulang ketika mereka mengembangkan kimia baterai, tetapi saya pikir itu benar-benar mulai berubah.”

(bbn)

No more pages