Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Proyeksi BI Kerek Suku Bunga Acuan Jadi 6,25% Demi Rupiah

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 April 2024 17:40

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa ekonom memproyeksikan Bank Indonesia akan menaikan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25bps menjadi 6,25% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan April 2024.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira menilai BI perlu menaikan suku bunga sebesar 25bps untuk meredam pelemahan rupiah. Menurut dia, arus keluar modal asing di pasar surat utang saat ini menjadi perhatian, karena investor sedang berburu imbal hasil yang tinggi sebagai kompensasi naiknya risiko aset di negara berkembang.

“[BI Rate Naik] 25 bps. Kenaikan suku bunga acuan akan membantu rupiah tetap dibawah level 16.500 per dollar AS,” kata Bhima kepada Bloomberg Technoz, Selasa (23/4/2024).

Lebih lanjut, ia menuturkan upaya BI dalam menstabilkan nilai tukar rupiah perlu dibarengi dengan stimulus fiskal yang digencarkan ke sektor riil, dengan demikian kebijakan moneter dan fiskal yang dilakukan berjalan bersamaan.

“Selain itu kenaikan suku bunga dibutuhkan juga sebagai signaling ke pasar bahwa bank sentral memiliki langkah responsif dalam menstabilkan kurs rupiah,” katanya.