Logo Bloomberg Technoz

Alasan Negara-negara Arab Memihak Israel daripada Iran

Redaksi
23 April 2024 14:10

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebagian besar negara Arab, termasuk Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), dan Arab Saudi, diketahui telah membantu dalam mencegah serangan Iran ke Israel.

Banyak orang bertanya-tanya tentang tindakan ini, terutama para pendukung Palestina. Karena beberapa negara Arab ikut campur, serangan rudal Iran ke Israel beberapa waktu lalu tidak berhasil. Yordania menggunakan armada udaranya untuk menghentikan rudal.

Menurut The Wall Street Journal, tidak hanya Yordania, Arab Saudi dan UEA diduga telah berbagi informasi intelijen tentang rencana Iran dengan AS setelah diberi instruksi tentang cara menjaga wilayah udara mereka. Namun, Angkatan Udara Kerajaan Saudi juga menembak jatuh rudal Iran yang terbang di wilayah udaranya, menurut Foreign Policy. Negara-negara Arab yang moderat memilih untuk berpartisipasi dalam perang ini karena berbagai alasan. 

Alasan Negara Arab Memihak Israel daripada Iran

Ada kemungkinan besar perang regional akan terjadi jika operasi Iran menyebabkan banyak korban atau kehancuran. Perang regional ini pasti akan sangat berbahaya bagi Yordania, Arab Saudi, UEA, Mesir, dan negara sekitar lainnya.