Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Respons Putusan MK: Tuduhan ke Pemerintah Tak Terbukti

Mis Fransiska Dewi
23 April 2024 11:07

Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. Jokowi juga menyinggung segala tuduhan yang mewarnai aduan ke MK, tidak terbukti.

"Pemerintah menghormati putusan MK yang final dan mengikat," kata Jokowi dikutip dari laman resmi Presiden RI, Selasa (23/4/2024).

"Tuduhan-tuduhan kepada pemerintah, seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah, telah dinyatakan tidak terbukti. Ini yang penting bagi pemerintah," tegas Jokowi. 

Jokowi meminta agar momentum ini menjadi faktor pendorong persatuan berbagai pihak. Sebab menurut dia, saat ini faktor eksternal geopolitik betul-betul menekan ke seluruh negara, sehingga bangsa Indonesia harus tetap bersatu, bekerja, dan membangun negara.

"Dan pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru. Akan kita siapkan karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok ya," ucap Jokowi.