Logo Bloomberg Technoz

Beda Gejala Penyakit Infeksi Saluran Kemih dan Batu Ginjal

Dinda Decembria
17 April 2024 20:40

Ilustrasi pemeriksaan ginjal (Photo By Natabuena via Envato)
Ilustrasi pemeriksaan ginjal (Photo By Natabuena via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam, Rizka Zainuddin mengatakan ada gejala atau tanda berbeda pada penyakit infeksi saluran kemih dan batu kandung kemih atau batu ginjal.

Menurut dia, penderita infeksi saluran kemih akan mengalami sensasi anyang-anyangan atau rasa terbakar usai buang air kecil. Pasien akan terus merasa tak nyaman saat mengeluarkan air seni; padahal pada kondisi ini mereka pun mulai tak bisa menahan pipis.

Selain itu, kata Rizka, penderita yang sudah lebih serius akan mulai mengalami demam, lemas, mengigil, dan nyeri. "Tergantung lokasinya, [infeksi] kalau di ginjal rasa nyerinya di ginjal. Kalau ureter nyerinya di bawah pusar dan bisa menjalar ke pinggang belakang," kata Rizka pada live Instagram Kementerian Kesehatan, pada Rabu (17/4/2024).

Secara umum, infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada perempuan karena memiliki struktur organ uretra yang lebih pendek. Akan tetapi, jika terjadi para laki-laki, kondisinya justru lebih parah karena berarti bakterinya sudah menjalar pada uretra yang panjang.

"Kalau laki-laki jarang, tapi kalau terkena lebih berat karena kumannya lebih panjang dari struktur pintu masuk alat vital yang tidak pendek," ujar dia.