Logo Bloomberg Technoz

Iran-Israel Memanas, Harga BBM Dijamin Tak Berubah Sampai Juni

Pramesti Regita Cindy
15 April 2024 15:10

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Dirjen Migas ESDM) Tutuka Ariadji menjamin harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak berubah sampai Juni 2024, meski dunia sedang menyorot adanya konflik panas antara Iran dengan Israel yang berdampak pada harga minyak mentah dunia.

"Iya harga BBM masih seperti itu (tidak berubah sampai Juni)," kata Tutuka dalam webinar yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter, Senin (15/4/2024).

Lebih lanjut, Tutuka menekankan bahwa pemerintah saat ini masih menunggu respons Israel terhadap serangan Iran. Dimana, menurutnya dunia memiliki kecenderungan tidak menginginkan harga minyak yang terlalu tinggi.

"Jadi dunia itu kecenderungannya dalam 100 tahun itu, cenderung ingin [minyak] stabil, jadi kita perlu hati-hati," jelasnya.

Kementerian ESDM sendiri dalam hal ini juga telah melakukan berbagai simulasi dari dampak adanya konflik di Timur Tengah terkait harga minyak mentah termasuk memperhatikan kurs Dollar dan harga minyak mentah Indonesia atau ICP (Indonesian Crude Oil Price).