Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, dalam strategi menjaga ketahanan energi dalam negeri, Tutuka menuturkan bahwa perlu pula bagi Indonesia untuk menjaga hubungan dengan negara-negara penghasil minyak terbesar di dunia.

Dimana hal ini sebagai langkah antisipasi atau backup planning dalam mencari sumber cadangan minyak mentah untuk pemenuhan di dalam negeri. "Jadi ke depan pemerintah menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa pihak negara yang memiliki cadangan besar dan bisa mengeksplor minyaknya di berbagai belahan dunia ini." 

"Jadi kita aktif bersama BUMN untuk mencari peluang-peluang mengimpor atau memenuhi kebutuhan dalam negeri," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Iran melakukan serang terhadap Israel lantaran dipicu adanya serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024 lalu yang menewaskan para perwira tinggi militer Iran, sekaligus menandai pertama kalinya Iran menyerang Israel dari wilayahnya.

Iran kemudian membalas dengan melancarkan serangan balasan dengan menembakkan puluhan drone dan rudal bersenjata ke Israel pada Sabtu malam (13/4/2024). 

(prc/lav)

No more pages