Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Prediksi Perputaran Ekonomi Lebaran 2024 Capai Rp400 T

Achmad Soegiarto
13 April 2024 10:40

Menparekraf Sandiaga Uno. (Sumber: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Sumber: Kemenparekraf)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi angka perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada momen libur Lebaran 2024 berada di kisaran Rp350 triliun - Rp400 triliun.

Ia menjelaskan, mudik dan libur lebaran tahun ini diproyeksi mengalami tren peningkatan dikarenakan telah memasuki masa pasca pandemi sehingga tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat. 

Pergerakan masyarakat di libur Lebaran 2024 diperkirakan mencapai 193,6 juta orang, meningkat jika dibandingkan masa lebaran tahun lalu sebesar 123,8 juta orang. Selain itu, peningkatan tersebut turut ditopang sejumlah faktor, seperti libur cuti bersama yang lebih panjang dan kebijakan izin pengambilan cuti tahunan ASN untuk libur lebaran 2024.  

"Tapi ini naiknya hampir 50 persen (proyeksi pergerakan masyarakat) dibandingkan tahun lalu, jadi saya memprediksi angka (perputaran ekonomi) yang lebih tinggi lagi yaitu sekitar Rp350 triliun sampai Rp400 triliun," kata Sandiaga dalam siaran pers, Sabtu (13/4/2024).

Sandiaga memastikan besaran tersebut akan mengalir ke pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai daerah RI. Menurutnya, hal ini dapat mendorong peningkatan ekonomi serta terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.