Logo Bloomberg Technoz

Rekomendasi IDI untuk Persiapan Perjalanan Jauh Selama Pancaroba

Dovana Hasiana
12 April 2024 13:30

Ilustrasi Mudik Lebaran. (Dok. Kemenhub)
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberikan peringatan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum melakukan perjalanan selama musim pancaroba ini. 

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Mohammad Adib Khumaidi menjelaskan April merupakan bulan dengan musim pancaroba yang identik dengan perubahan cuaca yang drastis dan dapat menjadi ancaman bagi kesehatan. 

“Kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat. Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil. atau orang yang kondisi tubuhnya kurang fit,” ujar Adib dalam siaran pers, dikutip Jumat (12/4/2024). 

Berikut adalah rekomendasi dari PB IDI untuk menjaga kesehatan selama perjalanan di musim pancaroba:

Melakukan Vaksinasi Flu 

Adib mengimbau untuk melakukan vaksinasi flu sekurangnya 1-2 minggu sebelum melakukan perjalanan untuk melindungi diri dan mengurangi kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain. Namun, vaksinasi harus dilakukan dalam kondisi tubuh sedang sehat dan tidak mengalami gejala flu apapun. 

Vaksinasi Covid-19 

Selain vaksinasi flu, Adib mengatakan, sebaiknya vaksinasi Covid-19 juga dilakukan, baik untuk awal maupun vaksinasi booster. Penelitian menunjukkan orang yang telah divaksinasi Covid-19 memiliki kemungkinan kecil untuk menularkan pada orang lain. Sehingga perjalanan, baik dekat maupun jauh, menjadi lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain.