Logo Bloomberg Technoz

"Limpahannya akan ke destinasi-destinasi wisata, juga ke sentra ekonomi kreatif. Termasuk ke pelaku UMKM serta desa wisata. Jadi, mari kita sama-sama menyiapkan agar pariwisata yang aman dan nyaman serta menyenangkan ini bisa kita wujudkan saat lebaran," ujar Sandiaga. 

Meskipun begitu, Kemenparekraf juga telah melakukan kajian perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada mudik dan libur Lebaran 2024 yang diproyeksikan mencapai Rp276,11 triliun. 

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Kemenparekraf, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di libur Lebaran terus meningkat. Seperti  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang jumlah kunjungannya mencapai 12 ribu pada satu hari setelah lebaran. Jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat di hari-hari berikutnya. 

Selain itu, tingkat okupansi hotel dan restoran di berbagai daerah juga diprediksi naik di kisaran 80% - 100%, dengan rata-rata lama tinggal antara 1-2 malam dan untuk wisatawan dari luar provinsi dapat mencapai 4 malam. 

"Dari kunjungan saya di beberapa tempat di Jawa Barat dan dari kunjungan lapangan di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, semua dalam kondisi siap. Tinggal kita pastikan lagi nanti dengan pemantauan dari sistem pariwisata nasional kita," ujar Sandiaga. 

Terkait hal itu, ia mengatakan pergerakan masyarakat di momen mudik dan libur Lebaran tahun ini, masyarakat masih gemar menggunakan mobil pribadi dengan persentase sekitar 18,3%. Sedangkan dari 28,4 juta pemudik asal Jabodetabek, sebanyak 31,37% atau 11,10 juta pemudik bakal melintasi Tol Transjawa ke arah Jawa Tengah.

Selain itu, kata Sandi, jalan Tol Trans Sumatera juga dipadati kendaraan yang melintas dimana jumlahnya meningkat 50 persen dibanding hari biasa.  "Sebelum sampai di tujuan utama, wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati destinasi," kata Sandiaga.

(azr/spt)

No more pages