Logo Bloomberg Technoz

'Perang Badar' Iran-Israel Berisiko Meletus Paling Cepat Hari Ini

News
13 April 2024 09:00

Ilustrasi Bendera Iran (Sumber: Ali Mohammadi/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Iran (Sumber: Ali Mohammadi/Bloomberg)

Donato Paolo Mancini, Jennifer Jacobs, dan Alex Wickham -  Bloomberg News

Bloomberg, Israel bersiap menghadapi serangan langsung dan belum pernah terjadi sebelumnya oleh Iran paling cepat pada Sabtu, menurut orang-orang yang mengetahui penilaian intelijen Barat. Tindakan Iran tersebut berpotensi memicu perang regional habis-habisan.

Serangan dari wilayah Iran telah muncul sebagai salah satu skenario utama yang diperkirakan oleh negara Yahudi dan sekutunya, kata orang-orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah tersebut secara publik. Pengeboman dengan drone dan rudal presisi bisa terjadi dalam 48 jam ke depan, kata mereka.

“Saya tidak ingin mendapatkan informasi yang aman, tetapi harapan saya adalah secepatnya,” kata Presiden Joe Biden pada Jumat ketika ditanya apakah serangan Iran akan segera terjadi. Ketika ditanya pesan apa yang akan dia berikan kepada Iran, Biden menjawab, “Jangan.”

“Kami berdedikasi untuk membela Israel,” kata Biden. “Kami akan mendukung Israel, kami akan membela, membantu mempertahankan, Israel dan Iran tidak akan berhasil.”

Teritori jaringan kelompok bersenjata pelawan AS dan Israel./dok. Bloomberg