Logo Bloomberg Technoz

Persiapan Iran Serang Israel Bikin Harga Emas Pecah Rekor Lagi

News
12 April 2024 10:30

Tumupakan emas batangan. (dok Bloomberg)
Tumupakan emas batangan. (dok Bloomberg)

Sybilla Gross - Bloomberg News

Bloomberg, Harga Emas menyentuh rekor baru yang dipicu oleh persiapan Israel menghadapi serangan Iran atau proksinya. Selain itu, para pedagang emas juga menjadikan data ekonomi terbaru Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi harga emas.

Produk emas dan sejenisnya (Bullion) terpantau naik 1% menjadi US$2,395.48 per troy ounce pada awal jam perdagangan Asia. Israel sedang mempersiapkan serangan dalam dua hari ke depan, sebagai pembalasan atas serangan terhadap kompleks diplomatik Iran di Suriah minggu lalu, Wall Street Journal melaporkan, mengutip seseorang yang mengetahui hal ini.

Reli emas tersendat pada hari Rabu setelah pembacaan inflasi harga konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan, tetapi sejak itu melanjutkan kenaikan mingguan keempat - kenaikan beruntun terpanjang sejak Januari tahun lalu. Kenaikan ini didorong oleh meningkatnya risiko geopolitik di Timur Tengah dan Ukraina, serta aksi beli oleh bank-bank sentral, yang dipimpin oleh RRT.

Sebuah laporan pada hari Kamis menunjukkan harga produsen AS meningkat di bulan Maret dari tahun sebelumnya dengan kenaikan terbesar dalam 11 bulan. Namun, laporan tersebut menunjukkan pelemahan pada kategori tertentu yang masuk ke dalam pengukur inflasi yang disukai Fed, meredakan beberapa kecemasan atas akselerasi kembali tekanan harga menyusul beberapa laporan ekonomi yang kuat dalam beberapa minggu terakhir.