Logo Bloomberg Technoz

Meskipun LME memainkan peran penting dalam menetapkan harga global, sebagian besar logam dibeli dan dijual antara penambang, pedagang, dan produsen tanpa pernah melihat bagian dalam gudang LME.

Sejak 2022, pangsa penjualan logam Rusia ke China telah meningkat secara substansial, karena beberapa pembeli dari negara barat mencari pemasok alternatif.

Namun, pembatasan baru ini kemungkinan besar akan memengaruhi harga LME, yang digunakan sebagai patokan dalam sejumlah besar kontrak di seluruh dunia.

Selama berbulan-bulan, masuknya logam Rusia telah membebani harga LME – khususnya aluminium – dengan pasokan non-Rusia diperdagangkan dengan harga premium.

Sanksi ini juga akan memengaruhi kesediaan para pedagang untuk menangani logam Rusia, karena banyak yang memandang kemampuan untuk mengirimkan LME sebagai hal yang penting, dan beberapa kontrak menyertakan klausul yang menyatakan bahwa kontrak tersebut akan batal jika logam tersebut tidak lagi dapat dikirim ke LME.

Hal ini berarti logam tersebut kemungkinan akan diperdagangkan dengan harga diskon yang lebih besar dibandingkan dengan negara asal lainnya – sehingga mengurangi pendapatan yang diterima Rusia – sambil tetap terus mengalir ke pasar global dan menghindari dampak sanksi skala penuh terhadap bahan baku penting.

Ekspor logam Rusia bernilai US$25 miliar pada 2022 dan US$15 miliar pada 2023.

Aluminium (Sumber: Bloomberg)


“Kami akan mengurangi pendapatan Rusia sekaligus melindungi mitra dan sekutu kami dari dampak limpahan yang tidak diinginkan,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam pernyataan bersama dengan timpalannya dari Inggris, Jeremy Hunt, yang menambahkan bahwa langkah tersebut “akan mencegah Kremlin menyalurkan lebih banyak uang ke mesin perangnya.”

LME mengatakan dalam pemberitahuannya bahwa mereka akan memberikan panduan mengenai dampak pembatasan baru pada pukul 11 ​​pagi pada Minggu. 

CME juga sedang meninjau pengumuman tersebut dan akan mengkomunikasikan dampak apa pun terhadap pasarnya, kata seorang juru bicara.

Langkah ini akan menjadi pukulan bagi penambang besar MMC Norilsk Nickel PJSC dan United Co Rusal International PJSC, yang sejauh ini menghindari sanksi barat sejak perang dimulai.

Hal ini juga akan menimbulkan pertanyaan bagi Glencore Plc, yang tetap menjadi salah satu pedagang logam Rusia terbesar berkat kontrak jangka panjang dengan Rusal.

Dunia logam makin terpecah mengenai cara menangani pasokan Rusia sejak invasi ke Ukraina. Meskipun sanksi-sanksi Barat telah menyasar minyak, emas, serta sejumlah pejabat dan perusahaan Rusia, kelompok industri logam terbesar di Rusia hingga kini mampu terus menjual produk mereka tanpa hambatan apa pun.

Namun, banyak pembeli yang berusaha menghindari pasokan dari Rusia, dan produsen barat termasuk pembuat aluminium Alcoa Corp telah secara aktif berkampanye untuk membatasi produksinya.

LME sendiri mempertimbangkan untuk melarang pengiriman pasokan Rusia pada 2022 tetapi akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya, dengan alasan bahwa masih cukup banyak pembeli yang bersedia menerima pengiriman logam tersebut.

Meskipun Inggris memberlakukan beberapa pembatasan terhadap perdagangan logam Rusia oleh entitas Inggris pada Desember, hal ini termasuk pengecualian yang memungkinkan perdagangan di LME terus berlanjut.

Rusia adalah produsen utama ketiga logam tersebut, menyumbang sekitar 6% produksi nikel global, 5% aluminium, dan 4% tembaga. Namun, pasokan logam Rusia menyumbang persentase logam yang jauh lebih besar di LME. Pada akhir Maret, logam Rusia menyumbang 36% nikel di gudang LME, 62% tembaga, dan 91% aluminium.

Tembaga berjangka Comex naik setelah pengumuman tersebut, sementara saham produsen logam AS termasuk Alcoa Corp menguat dalam perdagangan pasca-pasar.

Pembatasan ini dibuat untuk menghindari gangguan pasar yang diakibatkan oleh sanksi Oleg Deripaska pada 2018, yang menyebabkan harga aluminium melonjak dan memicu kekhawatiran luas di kalangan konsumen logam tersebut, menurut seorang pejabat senior Departemen Keuangan.

Rantai pasokan logam telah berubah secara signifikan sejak saat itu, sehingga menghasilkan pemasok yang lebih beragam, kata pejabat tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya untuk membahas pertimbangan internal.

Paladium dan titanium, dua logam yang menjadi pemasok utama Rusia, tidak termasuk dalam pembatasan tersebut.

(bbn)

No more pages