Logo Bloomberg Technoz

Para investor mencari kejelasan tentang kesiapan regulator untuk mendukung perbankan setelah terjadinya penarikan dana besar-besaran yang memicu jatuhnya beberapa bank regional AS bulan ini. KBW Bank Index pada Kamis turun 1,7% setelah berfluktuasi ketika pernyataan Yellen dirilis.

Mencari Kejelasan

Sehari sebelumnya, Yellen telah mengatakan bahwa menjamin 100% dana nasabah yang disimpan di bank membutuhkan undang-undang.

Pelanggan mengantre di luar kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS, Senin (13/3/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)

Menurut Andy Laperriere, kepala kebijakan AS untuk bank investasi Piper Sandler & Co. dan mantan penasihat pemimpin Partai Republik Dick Armey — hanya Kongres AS yang dapat mengubah batas penjaminan simpanan nasabah bank sebesar US$ 250.000 yang diberikan oleh Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) itu.

Pada Selasa, berbicara kepada American Bankers Association, Yellen mengatakan regulator bersiap untuk mengulangi langkah-langkah yang mereka ambil awal bulan ini ketika SVB California dan Signature Bank New York tumbang. Dalam kasus tersebut, untuk mencegah penularan, FDIC menerapkan pengecualian risiko sistemik untuk menjamin semua simpanan di bank tersebut.

Meski demikian, Bloomberg News melaporkan awal pekan ini bahwa staf Yellen dikabarkan tengah mempelajari berbagai kemungkinan untuk peningkatan batas penjaminan tersebut tanpa persetujuan Kongres AS jika krisis berkembang.

(bbn)

No more pages