Logo Bloomberg Technoz

Pesan Yellen Soal Intervensi Mata Uang Setelah Yen Melonjak

News
05 May 2024 07:29

Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengakui adanya pergerakan tajam nilai yen pada pekan ini, bahkan ketika dia menolak mengatakan apakah Jepang telah melakukan intervensi untuk mendukung mata uang tersebut.

“Saya tidak akan berkomentar apakah mereka melakukan intervensi atau tidak,” kata Yellen kepada wartawan pada Sabtu (4/5/2024) waktu setempat, setelah pidatonya di Mesa, Arizona. “Menurutku itu hanya rumor.”

Namun, dia mengatakan yen “memang bergerak sedikit dalam waktu yang relatif singkat,” dan menambahkan, “kami memperkirakan intervensi ini akan jarang terjadi dan konsultasi akan dilakukan.”

Otoritas Jepang tampaknya memasuki pasar untuk mendukung yen sebanyak dua kali dalam sepekan terakhir. Salah satunya terjadi setelah yen melemah melampaui 160 terhadap dolar untuk pertama kalinya dalam 34 tahun, diikuti oleh kenaikan lainnya setelah Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kenaikan suku bunga tidak mungkin menjadi langkah bank sentral AS berikutnya.