Logo Bloomberg Technoz

Ini Penyebab Selalu Ingin Buang Air Besar Setelah Minum Kopi

Redaksi
06 May 2024 17:50

Produk kopi Indonesia di pameran Taichung International Tea, Wine, Coffee and Bakery 2023 di Taipei./dok. Kemendag
Produk kopi Indonesia di pameran Taichung International Tea, Wine, Coffee and Bakery 2023 di Taipei./dok. Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebanyakan orang menikmati secangkir kopi, tetapi bagi beberapa orang, minum kopi kerap kali diikuti oleh keinginan untuk buang air besar (BAB). Sensasi mulas yang muncul bisa membuat perut tidak nyaman.

Tidak sedikit penelitian yang telah menyoroti fenomena ini. Sebuah artikel dari Health mengungkap beberapa alasan di baliknya.

Alasan Mengapa Kopi Memicu BAB

Meskipun efeknya tidak sama bagi semua orang, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan keinginan untuk BAB setidaknya pada sepertiga populasi. Efek ini cenderung lebih terasa pada wanita daripada pria.

Kontraksi otot usus besar bisa terjadi dengan cepat setelah meminum kopi. Dalam empat menit saja, kopi bisa meningkatkan kontraksi otot usus besar, yang kemudian memicu keinginan untuk buang air besar.

Kopi berkafein umumnya memiliki dampak yang lebih kuat pada aktivitas otot usus besar dibandingkan kopi tanpa kafein. Sebuah penelitian sebelumnya menemukan bahwa kopi berkafein dapat memiliki efek 23 persen lebih kuat terhadap kontraksi usus besar dibandingkan kopi tanpa kafein.

Faktor Penyebab Lainnya yang Buat Kopi Memicu BAB