Logo Bloomberg Technoz

Gerindra Klaim Ide Presidential Club Sudah Lahir Sejak 2014

Redaksi
06 May 2024 17:10

Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Gerindra mengklaim Presiden Terpilih 2024-2029 sudah mengemukakan rencana membentuk Presidential Club sejak maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2014. Ide ini pun terus terjaga dan terpelihara hingga menteri pertahanan tersebut akhirnya memenangkan Pemilu 2024.

"[Ide Presidential Club] serius sekali. Gagasan tersebut sudah disampaikan Prabowo dan sudah didiskusikan dengan kader Gerindra bertahun-tahun lalu," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, Senin (6/5/2024).

Menurut dia, sejak awal, Prabowo memang ingin memberikan ruang kepada para presiden terdahulu untuk ikut memberikan sumbangan saran dan pendapat pada pemerintahan yang tengah bergulir. Dia mengklaim, Prabowo menilai para presiden sebelumnya memiliki kebijakan dan pandangan khusus untuk memajukan negara.

Habiburokhman mengatakan, dasar pertimbangan pembentukan Presidential Club adalah keperluan adanya wadah komunikasi antara presiden dengan para presiden sebelumnya. Presiden yang menjabat dinilai perlu mengetahui detil alasan presiden terdahulu mengambil sebuah kebijakan atau pembangunan.

"Karena untuk mengkonfirmasi kebijakan-kebijakan yang pernah diambil, orang yang tepat adalah leader di waktu kebijakan itu," kata dia.