Logo Bloomberg Technoz

WHO Benarkan Penyakit Langka Efek AstraZeneca Ancam Jiwa

Dinda Decembria
06 May 2024 16:10

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi bahwa vaksin Covid-19 merek Covishield pada jenis vaskin AstraZeneca memiliki efek samping yang dapat mengancam jiwa manusia.

"Efek samping yang sangat langka yang disebut TTS  Trombosis dengan Trombositopenia Sindrom, yang melibatkan kejadian pembekuan darah yang tidak biasa dan parah terkait dengan jumlah trombosit yang rendah, telah dilaporkan setelah vaksinasi dengan vaksin ini,”ungkap WHO dikutip dari dilansir dari The Telegraph.

Menurut Dewan Organisasi Ilmu Kedokteran Internasional, efek samping penyakit langka TTS  ini dikatakan sangat jarang dilaporkan. Jika terjadi pada pasien kurang dari 1 dalam 10.000 kasus.

“Di negara-negara dengan penularan SARS-CoV-2 yang masih berlangsung, manfaat vaksinasi dalam melindungi terhadap COVID-19 jauh lebih besar daripada risikonya,” tambah WHO.

Kasus Pertama yang Klaim Vaksin AstraZeneca

Dilansir dari Telegraph, orang yang pertama kali mengklaim mengalami efek samping dari vaksin AstraZeneca adalah Jamie Scott seorang ayah beranak dua.