Logo Bloomberg Technoz

Yellen Siap Ambil Langkah Baru Guna Redakan 'Badai' di Perbankan

News
24 March 2023 14:00

Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon dan Viktoria Dendrinou - Bloomberg News

Bloomberg - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan kepada anggota parlemen AS bahwa pihaknya akan mempersiapkan langkah lebih lanjut dalam melindungi sistem perbankan negara tersebut jika diperlukan, Hal ini disampaikannya sehari setelah pernyataannya tentang jaminan dana nasabah yang mengguncang pasar.

Yellen menyampaikan hal ini pada Kamis (22/03/2023) di Rapat Dengar Pendapat dengan subkomite Komite Alokasi DPR AS saat membacakan pernyataan yang telah disiapkan, yang isinya hampir identik dengan apa yang dia sampaikan sehari sebelumnya di Senat AS, namun ia menambahkan, “Tentu saja, kami akan siap untuk mengambil tindakan tambahan jika diperlukan.”

Pernyataan tambahan ini tampaknya disampaikan untuk menghindari terulangnya reaksi pasar yang menyebabkan volatilitas harga saham ketika ia mengatakan pada Rabu bahwa pejabat Departemen Keuangan AS tidak mempertimbangkan kemungkinan menjamin 100% dana nasabah yang disimpan di bank.

Pelanggan mengantre di luar cabang Silicon Valley Bank (SVB) di Beverly Hills, California, AS, Senin (13/3/2023). (Lauren Justice/Bloomberg)

Komentar baru Yellen ini disampaikan di tengah upaya regulator menanggapi serangkaian kegagalan bank dan meningkatnya kekhawatiran tentang stabilitas sistem keuangan. Yellen dan Gubernur bank sentral AS The Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa sejak keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) awal bulan ini peraturan perlu diperkuat, sambil menekankan bahwa sistem perbankan negara tersebut sehat.