Logo Bloomberg Technoz

Masuk Blacklist AS, Diam-diam Huawei Sponsori Harvard

Mis Fransiska Dewi
04 May 2024 17:30

Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)
Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Huawei Technologies masuk daftar hitam pemerintahan Amerika Serikat (AS) sejak 2019 silam. Dengan demikian, raksasa asal China tersebut tidak bisa mengakses teknologi dari AS.

Kondisi tersebut berbuntut panjang sehingga HP Huawei tidak bisa lagi menggunakan sistem operasi Android buatan Google, hingga harus tertinggal jauh dari pabrikan HP lain karena tidak bisa mengembangkan teknologi jaringan 5G pada ponsel.

Namun, ternyata Huawei diam-diam mengucurkan dana penelitian untuk beberapa universitas kenamaan asal AS, salah satunya yakni Harvard. Pendanaan itu disalurkan melalui yayasan berbasis Washington, berdasarkan laporan Bloomberg.

Huawei merupakan satu-satunya sponsor untuk kompetisi riset di universitas kawakan AS sejak 2022. Pendanaan itu bernilai total jutaan dolar AS dan telah menarik ratusan proposal dari ilmuwan di seluruh dunia.

Bahkan, pendanaan Huawei juga diterima oleh universitas-universitas yang melarang peneliti mereka bekerja untuk sang raksasa China, menurut sumber dalam yang familiar dengan isu tersebut.