Logo Bloomberg Technoz

Di bawah hukum acara pidana Vietnam, Lan berhak mengajukan banding atas putusan Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh dalam waktu 15 hari.

Meskipun hukuman mati dijatuhkan atas tuduhan penggelapan, pengadilan juga menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara untuk dua tuduhan lainnya—melanggar peraturan perbankan dan menawarkan suap.

Penipuan lebih dari US$12 miliar yang dikaitkan dengan Lan melebihi kapitalisasi pasar sebagian besar bank di Vietnam. Penangkapannya, awalnya atas tuduhan penipuan obligasi, telah menyebabkan kepanikan di antara para deposan SCB, yang memicu terjadinya aksi penarikan massal di bank tersebut. 

Peristiwa ini mengakibatkan State Bank of Vietnam mengambil alih kendali pemberi pinjaman.

Meskipun hukuman mati bukanlah hal yang aneh di Vietnam, di mana hukuman mati diberikan untuk 22 pelanggaran, termasuk pembunuhan, perampokan bersenjata, perdagangan narkoba, pemerkosaan, korupsi, dan korupsi, hukuman mati relatif jarang diberikan untuk kejahatan bidang keuangan.

Hukuman mati terakhir yang dipublikasikan secara luas atas tuduhan korupsi adalah pada tahun 2013 ketika dua mantan eksekutif Vietnam National Shipping Lines dinyatakan bersalah atas penggelapan.

Pengadilan Lan menyoroti kampanye anti-korupsi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun di Vietnam, dipelopori oleh Sekretaris Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong. Dorongan ini telah menyentuh di seluruh lapisan masyarakat, tingkat pemerintahan tertinggi dan hadir ketika negara Asia Tenggara ini dipandang sebagai pusat rantai pasokan global untuk perusahaan-perusahaan seperti Apple Inc dan Samsung Electronics Co.

Dorongan anti-korupsi telah mengguncang sektor obligasi, perbankan, dan properti di negara ini. 

Perusahaan Lan, yang juga dikenal sebagai VTP, memiliki beberapa properti paling bergengsi di pusat komersial Ho Chi Minh City. Selama persidangan, Lan menawarkan untuk menyerahkan beberapa aset milik keluarganya untuk mengganti kerugian yang disebabkan oleh Saigon Commercial Bank, menurut VnExpress.

Lan mengatakan bahwa ia tidak sengaja melanggar hukum atau menyebabkan kerugian bagi negara dan para deposan, kata pengacaranya, Giang Hong Thanh, pada bulan Maret.

Persidangan selama lima minggu dilakukan di bawah pengamanan ketat di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh. 

Secara keseluruhan, 86 terdakwa diadili dalam kasus ini, termasuk suami Lan, pengusaha Hong Kong Eric Chu, dan keponakan perempuannya, Chief Executive Officer VTP Truong Hue Van.

Truong Hue Van, Keponakan Truong My Lan, Truong Hue Van di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh di Vietnam, Selasa (5/4/2024). (Maika Elan/Bloomberg)

(bbn)

No more pages