Logo Bloomberg Technoz

Aliansi Militer AS-Jepang Makin Akrab untuk Hadapi Ancaman China

News
11 April 2024 11:50

Joe Biden menyapa Fumio Kishida di Gedung Putih pada 9 April 2024./Fotografer: Anna Moneymaker.
Joe Biden menyapa Fumio Kishida di Gedung Putih pada 9 April 2024./Fotografer: Anna Moneymaker.

Isabel Reynolds - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Jepang mengumumkan rencana memperdalam hubungan keamanan mereka ketika Presiden Joe Biden menjamu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam kunjungan resmi pekan ini. Ini  menunjukkan pentingnya Jepang sebagai sekutu utama AS dalam melawan Tiongkok.

Kedua pemimpin mengumumkan daftar inisiatif pada hari Rabu yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan intelijen. Kerjasama ini mulai dari proyek rudal hingga pendaratan di bulan. Langkah ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap Beijing, dimana Biden dan Kishida mengutuk tindakan “berbahaya” China di wilayah tersebut.

“Aliansi kami adalah aset terbesar Amerika,” kata Biden kepada wartawan pada hari Rabu, seraya menyebut rencana untuk meningkatkan interoperabilitas antara pasukan AS dan Jepang sebagai “peningkatan paling signifikan dalam aliansi kami sejak pertama kali didirikan.”

Kedua negara akan meningkatkan sistem komando dan kendali masing-masing, membentuk dewan industri untuk bersama-sama mempertimbangkan pembuatan senjata, membangun jaringan sistem pertahanan rudal mereka dengan Australia dan memulai latihan bersama dengan Inggris, serta perjanjian-perjanjian lainnya. Biden dan Kishida juga akan mengadakan pertemuan puncak trilateral yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr pada hari Kamis.