Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan Biden-Kishida-Marcos Jr: Lawan China di Indo-Pasifik

News
10 April 2024 11:10

Joe Biden menyapa Fumio Kishida di Gedung Putih pada 9 April 2024./Fotografer: Anna Moneymaker.
Joe Biden menyapa Fumio Kishida di Gedung Putih pada 9 April 2024./Fotografer: Anna Moneymaker.

Philip J. Heijmans dan Yoshiaki Nohara - Bloomberg News

Bloomberg, Pertemuan tingkat tinggi yang diagendakan pada Kamis (11/4/2024) antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memiliki satu tujuan utama, yaitu; memperdalam kerja sama AS dengan dua sekutu utama di garis depan ketegangan dengan China.

Washington berupaya meningkatkan kerja sama dan koordinasi di antara sekutu-sekutunya di kawasan Indo-Pasifik dalam upaya untuk melawan China ketika Beijing mengajukan klaim atas Taiwan dan Laut Cina Timur dan Selatan.

Ketiga pemimpin tersebut ingin berbuat lebih banyak untuk mencegah China melangkah lebih jauh, dan akan membahas peningkatan kerja sama trilateral di bidang-bidang strategis termasuk keamanan, teknologi baru, dan rantai pasokan, menurut pernyataan Gedung Putih.

“Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina adalah tiga negara demokrasi maritim yang sangat selaras dengan tujuan strategis, kepentingan, dan kekhawatiran yang semakin konvergen di bidang-bidang seperti Laut Cina Selatan,” kata juru bicara Gedung Putih John Kirby pada Senin.