Logo Bloomberg Technoz

Asal-usul Bahan Shimmer yang Jadi Tren Baju Lebaran 2024

Redaksi
10 April 2024 18:10

Pengunjung berbelanja di kawasan Pasar Tanah Abang, Rabu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung berbelanja di kawasan Pasar Tanah Abang, Rabu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Busana Lebaran shimmer tiba-tiba menjadi primadona bagi mereka yang ingin tampil modis saat merayakan Hari Raya tahun ini. Namun, bagaimana sebenarnya asal-usul dari bahan shimmer yang sedang naik daun ini?

Asal-Usul Tren Baju Lebaran Shimmer

Trend baju Lebaran shimmer memang menjadi sorotan semenjak pedagang di pusat perbelanjaan memperkenalkannya sebagai alternatif fashion Lebaran 2024 melalui media sosial. Setelah menjadi viral, minat masyarakat pun langsung melonjak untuk mencari baju dengan bahan serupa.

Meskipun sedang booming di pasaran, bahan shimmer sebenarnya bukanlah hal baru. Bahkan, material yang memberikan efek mengilap atau shimmering sudah ada sejak zaman dahulu.

Sutra: Material Utama Baju Shimmer

Sutra dan turunannya merupakan bahan utama dalam pembuatan busana shimmer. Sutra, yang dikenal dengan tekstur halus dan berkilauan saat terkena cahaya, telah menjadi pilihan utama dalam dunia fashion.

Silk Road: Jalan Sutra yang Legendaris

Sutra terbaik berasal dari China, yang dikenal sebagai produsen sutra alami terbesar di dunia. Sejak zaman dahulu, perdagangan sutra dari China melalui jalur perdagangan yang legendaris, 'Silk Road', telah menjangkau Eropa, di mana sutra menjadi barang mewah yang diminati oleh banyak kalangan, termasuk keluarga kerajaan.