Logo Bloomberg Technoz

Preqin: Pendanaan Modal Ventura Global Anjlok 30% Kuartal I-2024

News
10 April 2024 10:50

Ilustrasi pendanaan startup East Ventures. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi pendanaan startup East Ventures. (Dok Bloomberg)

Jane Zhang - Bloomberg News

Bloomberg, Pendanaan modal ventura global turun 30% pada kuartal I-2024, melanjutkan kemerosotannya karena investor tetap berhati-hati di tengah lesunya perekonomian dan lesunya pasar untuk debut di pasar saham.

Anjloknya pendanaaan sebesar 40% di China mendorong penurunan pasar, sementara di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan sebesar 29%, menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset Preqin. Pendapatan startup di seluruh dunia menyusut menjadi US$57,8 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Angka-angka tersebut menandakan kekhawatiran investor terhadap perlambatan ekonomi dan peningkatan inflasi, serta dampaknya terhadap perusahaan-perusahaan muda. Investasi VC global tahun lalu turun ke level terendah sejak 2017, bahkan ketika teknologi baru seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif menarik pendanaan.

Di China, investasi pada perusahaan AI meningkat hampir dua kali lipat menjadi US$4,2 miliar pada kuartal pertama, sementara investasi modal ventura secara keseluruhan di negara tersebut turun menjadi US$11,8 miliar, menurut Preqin. Itu merupakan jumlah dolar triwulanan terendah sejak triwulan pertama tahun 2020.