Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Biden-Netanyahu Memanas usai Kematian Relawan di Gaza

News
04 April 2024 09:30

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Jordan Fabian - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden dijadwalkan untuk berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melalui telepon pada Kamis (04/04/2024). Ketegangan antara kedua pemimpin semakin dalam setelah kematian tujuh relawan yang mengirimkan makanan kepada warga Palestina yang terusir di Gaza.

Biden pada Selasa (02/04/2024) mengeluarkan kritik paling keras terhadap tindakan militer Israel setelah serangan udara terhadap konvoi relawan dari World Central Kitchen (WCK), kelompok bantuan bencana terkemuka yang didirikan oleh koki José Andrés. Amerika Serikat selama berminggu-minggu telah meningkatkan tekanan pada Netanyahu atas kematian warga sipil, dan menyatakan keprihatinan tentang rencana untuk menyerang wilayah Rafah yang padat penduduk di Gaza.

Presiden AS tersebut dalam pernyataannya pada Selasa mengatakan bahwa dia "marah dan hancur akibat kematian tersebut," menyerukan penyelidikan cepat. Biden mengatakan bahwa Israel "juga belum berbuat banyak untuk melindungi warga sipil."

Biden pernah sekali mengkritik sekutunya dari Timur Tengah itu sebelumnya, tetapi pernyataan yang tajam itu termasuk yang paling kritis sejak Israel melancarkan operasi sebagai tanggapan atas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.