Logo Bloomberg Technoz

Hakim Tolak Permintaan Trump Tunda Sidang Kasus Uang Tutup Mulut

News
04 April 2024 09:00

Donald Trump. (Dok: Bloomberg)
Donald Trump. (Dok: Bloomberg)

Patricia Hurtado dan Erik Larson - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang hakim di New York menolak permintaan Donald Trump untuk menunda sidang terkait kasus uang tutup mulut mendatang, hingga Mahkamah Agung AS mengeluarkan putusan tentang pembelaan kekebalan hukum mantan presiden dalam sebuah kasus federal yang tidak terkait dengan pemilu 2020.

Putusan Hakim Juan Merchan pada Rabu (03/04/2024) membuka jalan bagi salah satu dari empat kasus pidana Trump untuk disidangkan seperti yang direncanakan pada 15 April. Trump mengajukan pembelaan kekebalan hukum awal bulan lalu, yang menurut Merchan sangat terlambat.

"Pengadilan ini menyimpulkan bahwa Terdakwa memiliki banyak kesempatan untuk mengajukan klaim kekebalan presiden jauh sebelum 7 Maret 2024," hampir setahun setelah mantan presiden itu didakwa, tulis hakim itu.

Putusan Merchan adalah kemunduran terbaru dalam kasus Trump, yang minggu mendapat perintah pembungkaman yang melarangnya membicarakan juri atau jaksa secara publik selama sidang untuk melindungi keselamatan mereka. Hakim memperluas perintah pembungkaman itu pada Senin (01/04/2024) untuk memasukkan anggota keluarganya sendiri setelah Trump menyerang putri Merchan secara online akhir pekan lalu.