Logo Bloomberg Technoz

“Kami memperluas kapasitas secara signifikan. Hal ini memberikan kami kemampuan untuk lebih dekat dengan pelanggan,” kata Kevin Miller, wakil presiden AWS yang mengawasi pusat data perusahaan.

Selama dua tahun terakhir, menurut penghitungan Bloomberg, Amazon telah berkomitmen dan menghabiskan US$148 miliar (sekitar Rp758 triliun) untuk membangun dan mengoperasikan pusat data di seluruh dunia.

Pusat data Amazon. (Dok: Brian Kaiser/Bloomberg)

Amazon  berencana untuk memperluas pusat-pusat data yang sudah ada di Virginia utara dan Oregon, serta memperluas ke daerah-daerah baru, termasuk Mississippi, Arab Saudi, dan Malaysia.

Pengeluaran yang direncanakan Amazon untuk server farm lebih kecil daripada komitmen publik dari Microsoft dan Google milik Alphabet Inc, meskipun tidak ada perusahaan yang mengungkapkan pengeluaran terkait pusat data sekonsisten Amazon.

Juru bicara Microsoft dan Google menolak untuk memberikan angka yang sebanding dan menambahkan bahwa setiap perusahaan kemungkinan memasukkan biaya yang berbeda dalam perkiraan mereka. 

Di tengah pemotongan biaya yang lebih luas di Amazon, belanja modal AWS untuk pusat data menyusut 2% pada tahun 2023 - untuk pertama kalinya - bahkan ketika Microsoft meningkatkan pengeluarannya sendiri hingga lebih dari 50%, menurut perusahaan riset Dell'Oro Group.

Namun, CFO Amazon mengatakan bulan lalu bahwa belanja modal akan meningkat tahun ini untuk mendukung pertumbuhan AWS, termasuk proyek-proyek yang berhubungan dengan AI.

Sebagian besar ekspansi pusat data Amazon diarahkan untuk memenuhi peningkatan permintaan pada layanan korporat, seperti penyimpanan file dan database. Fasilitas tersebut, bersama dengan chip yang canggih dan mahal, juga akan menyediakan daya komputasi besar yang dibutuhkan untuk ledakan AI generatif.

Microsoft, mitra OpenAI, dan Google secara luas dipandang sebagai pemimpin dalam mengkomersialkan perangkat software yang mampu menghasilkan teks dan wawasan. Tetapi Amazon sedang membangun alatnya sendiri untuk menyaingi ChatGPT milik OpenAI dan telah bermitra dengan perusahaan lain untuk memberi daya pada layanan AI dengan servernya.

Pusat data Amazon. (Dok: Brian Kaiser/Bloomberg)

Hasilnya, Amazon berharap dapat meraup puluhan miliar dolar dari pendapatan terkait AI.

AWS menempatkan server farm pertamanya di Virginia, di pinggiran metropolitan Washington. Sebagai tempat pertukaran komersial pertama untuk lalu lintas web, area ini tetap menjadi pusat penting untuk streaming video dan data perusahaan dan pemerintah.

Amazon kemudian membuka pusat data di pedesaan Oregon timur, mengambil keuntungan dari tenaga air yang murah dan keringanan pajak yang besar. Virginia dan Oregon sejak saat itu menerima sekitar empat dari setiap lima dolar yang dibelanjakan AWS untuk infrastruktur AS. 

Amazon berencana untuk menghabiskan puluhan miliar lebih banyak di negara-negara bagian tersebut, tetapi semakin sulit untuk mendapatkan listrik di sana.

Pusat data membutuhkan banyak daya, dan keberadaannya yang terus meningkat memberikan tekanan pada utilitas. Selama beberapa bulan di tahun 2022, Dominion Energy Inc, yang menggerakkan lorong pusat data di Virginia, tidak dapat mengimbangi, sehingga menghentikan sementara koneksi ke fasilitas yang seharusnya siap untuk beroperasi.

Perusahaan listrik ini memperkirakan permintaan akan meningkat hampir dua kali lipat dalam 15 tahun ke depan, dengan pertumbuhan yang didukung terutama oleh pusat data.

Di Oregon, penggunaan listrik oleh pusat data Amazon melebihi porsi listrik tenaga air yang disediakan oleh perusahaan listrik setempat, sehingga memaksa perusahaan membeli listrik yang dihasilkan oleh gas alam, demikian yang dilaporkan oleh surat kabar Oregonian pada awal tahun ini.

“Ada lebih banyak pemeriksaan yang dilakukan di awal dan perencanaan terperinci yang diperlukan dari perusahaan utilitas untuk memahami seberapa nyata proyek ini karena ada begitu banyak permintaan di luar sana yang tidak ada lima tahun yang lalu,” ujar Ali Greenwood, direktur eksekutif di praktik pusat data Cushman & Wakefield, sebuah perusahaan real estat komersial.

Jadi Amazon semakin kreatif.

Pada bulan Februari, perusahaan ini mengatakan akan menghabiskan sekitar US$10 miliar untuk dua kampus pusat data di Mississippi. Digadang-gadang sebagai proyek korporat terbesar dalam sejarah negara bagian, upaya AWS ini akan menancapkan akarnya di AS bagian selatan, sebuah wilayah yang telah melihat pengeluaran pusat data yang relatif sedikit di luar kota-kota besar seperti Dallas dan Atlanta.

Awal bulan ini, operator pembangkit listrik tenaga nuklir berusia 40 tahun di Sungai Susquehanna, Pennsylvania, AS, mengatakan bahwa AWS telah setuju untuk mengeluarkan dana sebesar US$650 juta untuk mengakuisisi sebuah kampus pusat data yang terhubung dengan fasilitas tersebut.

Di Round Rock, Texas, AWS baru-baru ini memenangkan persetujuan zonasi guna membangun pusat data dan gardu listrik di sebelah depot pengiriman di sebidang lahan bekas peternakan yang diakuisisi perusahaan selama era pandemi.

Jika proyek ini berjalan, ini akan menjadi yang pertama kalinya perusahaan menempatkan fasilitas semacam itu di lahan yang sama.

“Saat ini hanya perebutan yang luar biasa untuk setiap tempat dengan daya dalam waktu dekat,” kata Charles Fitzgerald, mantan manajer Microsoft dan investor berbasis di Seattle yang melacak pengeluaran perusahaan cloud.

Bahkan seiring dengan perkembangannya, Amazon dan perusahaan lain menghadapi penentangan yang semakin meningkat terhadap pusat data. Sebagian besar animo saat ini berpusat di Virginia, di mana penduduk mengeluhkan dengungan tak henti-hentinya dari pusat data dan para pecinta lingkungan menyayangkan perambahan fasilitas yang luas pada situs medan perang Civil War.

Pusat data Amazon. (Dok: Brian Kaiser/Bloomberg)

Namun, kantong-kantong perlawanan bermunculan di bagian lain di AS dan dapat berkembang seiring dengan semakin banyaknya pusat data yang beroperasi secara online-apakah itu dibangun oleh Amazon atau tidak. 

Para pendukung energi terbarukan juga mengatakan bahwa kesibukan untuk membangun fasilitas baru telah memberikan kehidupan lain pada pembangkit listrik lama yang ditenagai oleh bahan bakar fosil yang memanaskan planet, dan bahkan membantu membuat kasus untuk membangun pembangkit listrik baru.

Di Mississippi, misalnya, Amazon akan membayar untuk membantu utilitas lokal untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya, tetapi perusahaan juga akan mengoperasikan pusat data dengan pembangkit listrik tenaga gas alam yang mungkin akan beroperasi selama beberapa dekade. 

“Perusahaan seperti Amazon harus menggunakan daya beli mereka untuk benar-benar memaksa perusahaan listrik mengubah perilaku mereka,” ujar Daniel Tait, manajer riset dan komunikasi di Energy and Policy Institute, sebuah lembaga pengawas utilitas yang mendukung energi terbarukan.

“Mereka tidak hanya mendorong lebih banyak penggunaan bahan bakar fosil, tetapi juga menciptakan preseden bahwa setiap orang yang datang setelah mereka akan melakukan hal yang sama.”

Dalam beberapa tahun terakhir, Amazon telah menjadi pembeli energi terbarukan terbesar di dunia, sebagai bagian dari komitmennya untuk memberi daya pada semua operasinya dengan listrik terbarukan pada tahun 2025. Namun, proyek-proyek tersebut bisa jadi jauh dari pusat datanya, ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan yang mengganggu jaringan listrik AS yang sudah retak dan menua.

Kepala pusat data Amazon, Miller, mengatakan bahwa perusahaannya terus mengevaluasi proyek-proyek energi bersih di luar pembangkit listrik tenaga angin dan surya — termasuk penyimpanan baterai dan tenaga nuklir, yang dapat menggantikan pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

Ia berjanji untuk bekerja sama dengan perusahaan listrik dan menemukan cara untuk “menyesuaikan kebutuhan kita akan energi dengan energi terbarukan dan bebas karbon.”

(bbn)

No more pages