Logo Bloomberg Technoz

Pertamina: Nasib Rusia di Kilang Tuban Diputuskan Kuartal IV-2024

Dovana Hasiana
28 March 2024 17:21

Logo Rosneft Oil Co PJSC./Bloomberg-Andrey Rudakov
Logo Rosneft Oil Co PJSC./Bloomberg-Andrey Rudakov

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memastikan keputusan investasi akhir atau final investment decision (FID) oleh Rosneft Singapore Pte Ltd di proyek strategis nasional (PSN) Gras Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berlokasi di Jawa Timur bakal diumumkan pada kuartal IV-2024. 

Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman memastikan bahwa target pengumuman FID yang sebelumnya diketok oleh perseroan adalah pada 2025, tetapi penyelesaian bakal dilakukan pada 2024. 

“[Pengumuman FID] bukan Maret 2024, FID tidak mungkin Maret 2024. FID kan target awal 2025, tetapi kita akan selesaikan pada tahun ini,” ujar Taufik saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (28/3/2024).

Taufik mengatakan perseroan tengah fokus dalam persiapan pengumuman FID pada kuartal IV-2024, yakni dengan melakukan pertemuan awal untuk persiapan lelang (kick off pre bid meeting) untuk pemilihan pelaksana pekerjaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi atau engineering, procurement and construction (EPC).

Dalam kaitan itu, perseroan bakal memulai penawaran kepada perusahaan untuk mencari pelaksana dari EPC. Namun, keputusan mengenai pelaksana EPC bakal diumumkan setelah pengumuman FID, di mana Pertamina bakal memutuskan bersama dengan Rosneft.  

Grass root refinery (GRR) Tuban./dok. PT Pertamina Rosneft