Logo Bloomberg Technoz

Kuota Tukar Uang Baru BI di Istora Senayan Ludes, Sisa Go-Show

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 March 2024 11:25

Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)
Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) bersama 16 perbankan membuka layanan penukaran uang di Istora Senayan pada 28-31 Maret 2024. Setiap harinya terdapat 5.000 kuota penukaran, namun hingga akhir periode nanti kuota tersebut sudah terisi penuh.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) dan baru pertama kali dilakukan secara terpadu bersama 16 perbankan di satu tempat.

“Berdasarkan evaluasi dan masukan kami melihat perlunya satu kegiatan bersama di satu titik sehingga mempermudahkan masyarakat untuk melakukan penukaran pada satu tempat dan kita lakukan di Istora ini mulai 28-31 maret 2024,” ujar Marlinson pada acara pembukaan Layanan Kas Keliling Terpadu di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Marlison menjelaskan, layanan penukaran uang ini disediakan 5.000 kuota setiap harinya dan pendaftarannya dilakukan secara online melalui aplikasi PINTAR BI. Namun, hingga 31 Maret nanti kuota tersebut telah terisi penuh.

Meski demikian, BI juga menyediakan layanan ‘Go Show’ yang dapat dimanfaatkan masyarakat jika kuota penukaran uang sudah penuh. Layanan tersebut memanfaatkan sisa kuota yang tersedia setiap harinya, sehingga masyarakat yang belum mendaftar bisa datang langsung ke lokasi penukaran.