Logo Bloomberg Technoz

Timnas Irak sangat kokoh di puncak klasemen Grup F dengan menyapu bersih empat laga dengan kemenangan atau meraih 12 poin. 

Irak menumbangkan Filipina dua kali dengan skor 1-0 dan 5-0. Timnas berjuluk Singa Mesopotamia ini juga menumbangkan Vietnam dengan skor 1-0 dan Indonesia dengan skor 5-1.

Timnas Vietnam baru mengoleksi satu kemenangan atau meraih 3 poin dengan catatan mengalahkan Filipina 2-0. Sedangkan Timnas Filipina berada pada posisi terakhir karena hanya meraih 1 poin dari hasil imbang melawan Timnas Indonesia dengan skor 1-1.

Saat ini, Timnas Indonesia menyisakan dua laga untuk menentukan hasil akhir Grup F pada Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Garuda Senior akan menjamu Timnas Filipina dan Timnas Irak pada Juni 2024.

Timnas Indonesia bisa mengunci satu tiket lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia jika berhasil meraih kemenangan minimal pada salah satu pertandingan tersisa. Hal ini membuat Indonesia minimal mengumpulkan 10 poin, raihan yang sudah tak mungkin dikejar Vietnam atau pun Filipina.

Nasib Timnas Garuda terancam jika kalah pada dua laga selanjutnya; sedangkan salah satu dari Timnas Vietnam atau Timnas Filipina meraih kemenangan pada dua laga tersisa. 

Jika hanya meraih satu kemenangan, Vietnam dan Filipina dipastikan tumbang. Sedangkan Timnas Indonesia melaju sebagai juara kedua Grup F.

Kemenangan Timnas Garuda lawan Vietnam (Dok. PSSI)

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan diikuti 18 timnas yang lolos dari babak kedua. Mereka adalah juara dan runner up setiap grup di babak kedua.

Tim yang lolos akan dibagi ke dalam tiga grup masing-masing berisi enam timnas. Setiap timnas akan saling bertading dalam grup masing-masing dengan skema tandang-kandang.

Peringkat pertama dan kedua dari tiap grup akan langsung lolos ke putaran Piala Dunia 2026 yang akan digelar di tiga negara; Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Jika berhasil lolos di Babak Ketiga, Timnas Indonesia akan mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya berpartisipasi pada Piala Dunia FIFA. Sebelumnya, Indonesia pernah ikut pada Piala Dunia FIFA 1938 di Prancis. Akan tetapi, saat itu masih bernama Hindia Belanda dan belum merdeka.

(red/frg)

No more pages