Logo Bloomberg Technoz

Pakai Kartu Kredit Visa-Mastercard Akan Makin Mahal, Ini Sebabnya

News
27 March 2024 16:10

Mastercard. (Sumber: Bloomberg)
Mastercard. (Sumber: Bloomberg)

Katherine Doherty dan Jenny Surane - Bloomberg News

Bloomberg, Bayangkan ini: Seorang pelanggan masuk ke toko kelontong hanya untuk membeli sekotak susu dan selusin telur. Namun, ketika sampai di kasir, mereka tiba-tiba dihadapkan pada sebuah pilihan: jika mereka membayar dengan kartu Chase Freedom Unlimited, maka harganya menjadi satu harga. Namun, jika mereka mengeluarkan kartu Chase Sapphire Reserve seharga US$550 per tahun, harganya bisa lebih mahal.

Itulah kenyataan baru yang tertuang dalam kesepakatan penting yang dicapai antara Visa Inc dan Mastercard Inc dan jutaan pedagang AS pada Selasa, di mana raksasa pembayaran tersebut menyetujui serangkaian perubahan yang menurut para pengecer akan menghemat setidaknya US$30 miliar biaya gesek kartu kredit di tahun-tahun mendatang.

Kesepakatan ini merupakan puncak dari negosiasi sengit selama dua dekade antara kedua belah pihak mengenai biaya, yang telah membengkak menjadi bisnis senilai US$100 miliar per tahun untuk kedua jaringan dan bank-bank terbesar di dunia.

Kesepakatan ini, jika disetujui oleh pengadilan, akhirnya akan memungkinkan para pedagang AS untuk mengenakan biaya tambahan kepada pelanggan saat mereka membayar dengan jenis kartu kredit Visa dan Mastercard tertentu.