Logo Bloomberg Technoz

Daftar hadir menunjukkan kehadiran fisik 75 orang dan kehadiran virtual sebanyak 210 orang. Sebagian anggota Dewan disebut mengajukan izin. Kuorum sidang sudah tercapai dan sidang terbuka untuk umum.

Pimpinan DPR yang hadir yakni Ketua DPR Puan Maharani kemudian para wakil ketua yakni Lodewijk F. Paulus, Sufmi Dasco dan Rachmat Gobel. Dalam sidang paripurna juga tampak hadir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sidang pengesahan Perppu Ciptaker juga diwarnai penolakan oleh Fraksi PKS dan Fraksi Demokrat. PKS kemudian melakukan walk out. Sementara 7 fraksi lainnya yang setuju sebagaimana disampaikan Baleg adalah Fraksi PDIP Perjuangan, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN dan PPP.

Sementara sebelumnya estafet unjuk rasa atau demonstrasi menolak Perppu Ciptaker berlangsung di depan gedung DPR. Sejak awal tahun ini, massa buruh yang menjadi elemen utama memprotes dan meminta DPR tidak mengesahkannya. Namun hingga menjelang paripurna diketahui 7 fraksi di DPR setuju. Hanya fraksi PKS dan Demokrat yang terang-terangan menyatakan menolaknya.

"Silakan DPR menentukan, kami menunggu. Kalau memang DPR mengesahkan UU Ciptaker dari perppu yang diterima oleh pemerintah, bisa dipastikan partai buruh akan mengorganisir pemogokan. Mogok nasional," kata Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal saat berdemonstrasi pada Senin (6/2/2023).

(ezr)

No more pages