Logo Bloomberg Technoz

“Kami masih memperkirakan akan terjadi penurunan yang normal,” kata Keith Lerner dari Truist Advisory Services. “Namun, sampai bukti-bukti tersebut berubah, kami menyarankan investor untuk tetap mengikuti tren pasar utama, yaitu tren naik, dan melihat kemunduran sebagai peluang,”

S&P 500 mendekati level 5.200, dengan Nvidia Corp. menghentikan reli enam hari. United Parcel Service Inc. merosot lebih dari 8% karena investor melihat target penjualan jangka panjangnya sulit dipenuhi. 

Startup milik mantan presiden Donald Trump, Trump Media & Technology Group Corp., naik pada sesi pertamanya sebagai perusahaan publik.

“Ketika momentum melambat, kami yakin S&P 500 bisa mendapatkan keuntungan dari kemunduran yang sehat setidaknya 5% menuju rata-rata pergerakan 50 hari, level yang terakhir diuji pada awal November,” kata Craig Johnson dari Piper Sandler.

Ketika perdebatan besar mengenai seberapa terkonsentrasi atau luasnya reli S&P 500 tahun ini, terdapat data yang mendukung kedua argumen tersebut.

Setelah tahun ini dimulai dengan kenaikan yang terfokus pada sektor-sektor yang padat teknologi, kenaikan tersebut telah meluas ke kelompok lain seperti komoditas dan industri. 

Namun, jika dilihat dari kontribusinya terhadap total imbal hasil, 60% kenaikan indeks tersebut didorong oleh hanya enam saham, yakni Nvidia, Microsoft Corp., Meta Platforms Inc., Amazon.com Inc., Eli Lilly & Co., dan Broadcom Inc. .

Kehebohan kecerdasan buatan yang mencengkeram pasar saham telah membuat pembuat chip seperti Nvidia semakin berperan penting dalam kenaikan S&P 500 yang lebih luas. 

Saham-saham tersebut tidak lagi murah, menambah tingkat risiko baru terhadap kenaikan lebih lanjut dalam indeks acuan.

The Philadelphia Stock Exchange Semiconductor Index dihargai sekitar delapan kali lipat, tertinggi setidaknya dalam dua dekade, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. 

Sebaliknya, S&P 500 dihargai sekitar 3 kali lipat penjualan. Dibandingkan dengan benchmark yang lebih luas, indeks chip lebih tinggi dibandingkan saat puncak dot-com pada tahun 2000.

Berikut pergerakan indeks acuan di bursa saham Wall Steet hingga penutupan waktu setempat.

  • S&P 500 turun 0.3%.
  • Nasdaq 100 turun 0.4%
  • Dow Jones Industrial Average hanya sedikit mengalami perubahan
  • MSCI World Index turun 0.1%

(red)

No more pages