Logo Bloomberg Technoz

Penjelasan Badan Geologi usai Heboh 'Gunung Baru' Grobogan

Muhammad Fikri
26 March 2024 19:10

Gempa. (Sumber: Bmkg)
Gempa. (Sumber: Bmkg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Geologi Kementerian ESDM memberikan penjelasan mengenai fenomena ‘gunung baru’ atau Bledug Kramesan, yang berada di Dusun Medang, Sendangrejo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Fenomena tersebut ramai diperbincangkan pascagempa Bawean, Jawa Timur.

Fenomena ini dikatakan sudah ada sejak lama dan sering dijumpai pada naskah dari kerajaan-kerajaan di Jawa mengenai mud volcano ini.

Bledug Kramesan memiliki ketinggian 25 meter dari permukaan tanah dan memiliki jarak sekitar 3,4 km dari Bledug Kuwu. Bledug ini merupakan material dari mud diapir yang lolos ke permukaan melalui rekahan-rekahan maupun struktur sesar.

“Area terjadinya Bledug Kramesan dan Bledug Kuwu pada umur Paleogen adalah termasuk dalam Pati Through yang memungkinkan diendapkannya sedimen secara cepat dan tebal. Secara fisiografi termasuk pada antiklinorium Zona Rembang yang terdiri dari pegunungan lipatan berbentuk antiklinorium yang memanjang ke arah Barat-Timur, dari Kota Purwodadi melalui Blora, Jatirogo, Tuban, sampai Pulau Madura” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid, pada keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).