Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah China Tingkatkan Pengeluaran untuk Dukung Perekonomian

News
22 March 2024 16:10

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah pusat China mempercepat pengeluaran pada awal tahun ini, sebuah tanda bahwa mereka mengambil lebih banyak tanggung jawab pembiayaan untuk mendukung perekonomian dan untuk menghindari memburuknya risiko utang pemerintah daerah.

Pengeluaran pemerintah secara umum melonjak 14% dari tahun sebelumnya menjadi 482,8 miliar yuan (US$66,8 miliar) pada Januari dan Februari, laju tercepat untuk periode tersebut dalam lima tahun terakhir, menurut data yang diberikan oleh Kementerian Keuangan.

Beijing secara bertahap mengalihkan tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kepada pemerintah pusat dari pejabat-pejabat lokal--sebuah cara untuk mempertahankan tingkat investasi sambil meredakan risiko utang lokal. Pemerintah-pemerintah lokal telah berjuang setelah krisis properti mengurangi sumber pendapatan penting dari penjualan tanah, dan perlambatan ekonomi membebani pendapatan pajak.

Pengeluaran pemerintah China. (Dok: Bloomberg)

Beijing juga mencoba untuk menahan risiko kredit pada kendaraan pembiayaan pemerintah daerah, atau LGFV. Hal ini telah mendorong mereka untuk menjual aset-aset dan mengizinkan beberapa kewajiban mereka--yang dikenal sebagai utang tersembunyi karena tidak muncul di neraca pemerintah--untuk ditukar dengan obligasi pemerintah.