Logo Bloomberg Technoz

Data terbaru menunjukkan bahwa Beijing berniat untuk "menopang pertumbuhan sambil mencegah risiko," kata Xing Zhaopeng, ahli strategi senior China di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. "Strategi keseluruhannya adalah untuk menggantikan leverage yang lebih tinggi oleh pemerintah daerah sambil tetap berusaha mempertahankan arus kas untuk LGFV."

Pemerintah pusat dan daerah menghabiskan hampir 700 miliar yuan dalam dua bulan pertama untuk masalah pertanian, hutan, dan irigasi, serta pengembangan masyarakat perkotaan dan pedesaan. Jumlah ini naik 22% dari tahun sebelumnya.

Kedua sektor ini termasuk di antara sektor-sektor yang diidentifikasi memenuhi syarat untuk mendapatkan pendanaan dari penerbitan obligasi pemerintah tambahan sebesar 1 triliun yuan tahun lalu, yang telah diberikan oleh Beijing kepada pemerintah daerah untuk berinvestasi di 15.000 proyek.

Pengeluaran umum pemerintah daerah naik 5,8% setahun dalam dua bulan pertama, turun dari 6,8% setahun sebelumnya, data menunjukkan. Pengeluaran mereka di bawah anggaran dana yang dikelola pemerintah turun 11,1%, serupa dengan penurunan setahun sebelumnya karena pembatasan-pembatasan yang terkait dengan lesunya penjualan tanah.

(bbn)

No more pages