Logo Bloomberg Technoz

Bos LPS: Tabungan Masyarakat Di bawah Rp100 Juta Naik Saat Pemilu

Sultan Ibnu Affan
22 March 2024 10:20

Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan tabungan simpanan masyarakat yang berada di bawah Rp100 juta meningkat selama periode Pemilu atau Februari lalu.

Berdasarkan catatan LPS, simpanan dengan nominal di bawah Rp100 juta naik sebesar 5,17%. Kenaikan itu terbilang cukup agresif. Pasalnya, pada Januari lalu, LPS mencatat ada penurunan jumlah tabungan dengan nominal tersebut sebanyak 2,3%.

"Ya mungkin juga [ada] dana Pemilu. [Hasil perolehan] kampanyenya sebagian ditabung sama orang-orang yang di bawah, yang terima duit itu, mungkin," ujar Purbaya di Jakarta, Kamis (21//3/2024).

Sementara itu, kata Purbaya, tabungan rerata masyarakat dengan nominal di atas Rp5 miliar tak mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sepanjang Desember tahun lalu. Berdasarkan data LPS, tabungan yang digolongkan sebagai orang kaya kelas atas itu hanya tumbuh 1,6%.

Meski begitu, kata Purbaya, angka itu kembali mengalami kenaikan hingga di atas 6% sejak awal tahun ini.